blue fire kawah ijen
blue fire kawah ijen, foto by TripCanvas Indonesia

Kawah Ijen (Ijen Crater)

Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah yang bersifat asam yang terdapat di puncak Gunung Ijen dengan ketinggian hingga 2.443 meter di atas permukaan laut. Kedalaman danau di Kawah Ijen berkisar di antara 200 meter dengan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Danau kawah Ijen juga dikenal sebagai danau air asam terbesar di dunia.

Berada di wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kawah Ijen memiliki keunikan berupa fenomena blue fire atau api biru yang dapat dijumpai saat dini hari pukul 02.00 hingga pukul 05.00.  Pemandangan blue fire ini hanya dapat dijumpai di dua tempat saja di dunia, yaitu Islandia dan Ijen.

blue fire kawah ijen
blue fire kawah ijen, foto by TripCanvas Indonesia

Selain menikmati pemandangan alam blue fire di Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang terdapat di kompleks Pengunungan Ijen, di antaranya puncak Merapi yang terdapat di timur Kawah Ijen, Gunung Suket, Gunung Rante, Gunung Raung dan lain sebagainya

Untuk mencapai Kawah Ijen, pendakian akan dimulai dari Paltuding dengan jarak kurang lebih 3 KM. Paltuding sendiri merupakan rest point dan pintu masuk ke Kawah Ijen. Di sana terdapat pos Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam Perhutani. Di tempat itu jualah Anda mendapatkan informasi seputar Kawah Ijen mulai dari aman tidaknya melakukan pendakian ke Kawah Ijen hingga fasilitas-fasilitas homestay yang bisa dikatakan harganya cukup terjangkau. Disediakan pula camping ground yang cukup luas buat pencinta alam yang ingin mendirikan tenda.

Cara menuju Kawah Ijen

Untuk dapat mencapai objek wisata Kawah Ijen, perjalanan dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu melalui Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso dan kedua jalur ini akan bertemu di Paltuding. Tetapi sebagai saran dari kami, lebih baik Anda melalui jalur Kabupaten Banyuwangi karena merupakan jalur akses yang cukup pendek ke arah Paltuding.

Selain itu, dari segi kemudahan transportasi, jalur kabupaten Banyuwangi memiliki kelebihan tersendiri dibanding melalui jalur kabupaten Bondowso, karena untuk menuju ke Banyuwangi saja selain menggunakan kendaraan pribadi, kita dapat menuju ke sana menggunakan travel, pesawat, bis, dan kereta api.

Adapun jalur yang akan Anda lewati jika melalui Banyuwangi adalah sebagai berikut :

Banyuwangi > Licin > Jambu > Paltuding > Kawah Ijen

Tips berwisata ke Kawah Ijen

  1. Bawalah jaket tebal dan penutup kepala karena Suhu udara di puncak ijen mencapai 5 hingga 2 derajat celcius.
  2. Lakukan pendakian dengan kondisi tubuh yang fit dan lakukan persiapan yang cukup karena Anda akan melakukan pendakian di malam hari.
  3. Jangan lupa untuk membawa masker atau penutup hidung karena untuk menuju Kawah Ijen, Anda akan melewati tebing kaldera dan masker ini gunanaya untuk mencegah asap belerang terhirup.
  4. Bawalah jas hujan saat mendaki di musim hujan.
  5. Untuk ke Kawah Ijen melalui Banyuwangi saat musim hujan, disarankan untuk menggunakan kendaraan offroad terutama jenis jeep double gardan karena di daerah Licin menuju Paltuding medan jalan sejauh 6 KM cukup berat.

Bagi Anda yang ingin merencanakan perjalanan traveling dari Banyuwangi ke Kawah Ijen, kami dari NgelencerBanyuwangi.com menawarkan paket wisata Ngelencer Ijen Crater dengan harga Rp 650.000 per 2 orang dengan rincian sudah termasuk sewa jeep trooper dan biaya bensin, tiket masuk wisata Kawah Ijen dan lain sebagainya. Penawaran ini bisa Anda lihat di halaman berikut :

Paket Wisata Ngelencer Ijen Crater

Nb. Akan lebih hemat lagi jika satu rombongan terdapat 5 orang, hanya Rp 175.000 per orang.