pantai hijau by instagram
pantai hijau Foto by instagram.com

Pantai Perawan Teluk Hijau, Greenbay  di Pesisir Selatan Banyuwangi

Pantai teluk hijau
CC BY-NC-ND by M Reza Faisal

Masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), Teluk Hijau merupakan salah satu daya tarik wisata pantai yang dapat dikunjungi wisatawan di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Pasir putih yang halus serta warna laut yang hijau dan dikelilingi oleh pohon yang rimbun sebagai tempat habitat monyet-monyet liar, pantai Teluk Hijau memiliki pesona tersendiri yang baru-baru ini disebut sebagai Greenbay. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Dinamakan Teluk Hijau sebab air lautnya yang cenderung berwarna hijau.

Pantai yang masih asri dan alami ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan alias masih perawan. Terbukti beberapa kawan yang pernah kesana menceritakan seolah-olah pantai tersebut menjadi privat properti bagi yang pernah kesana.

Bagi sebagian kalangan, akses menuju kesana menyebutnya berat dengan kondisi jalan terjal, menanjak dan berbatu. Karena untuk mencapai kesana diperlukan waktu 30 menit hingga 1 jam perjalanan darat (trekking) dari titik awal trekking menuju pantai. Tetapi, hal itu akan terbayarkan saat Anda tiba di sekitar pantai. Pantai yang sangat eksotis dengan kombinasi air laut yang indah, batu karang, hutan dan air terjun yang bagus.

pantai hijau by instagram
pantai hijau Foto by instagram.com

Berbicara mengenai air terjun yang terdapat di sisi timur pantai, Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan debit air yang sedang, cocok untuk dipakai mandi. Menurut cerita dahulu air terjun ini dipakai buat mandi sama bidadari-bidadari yang baru saja mandi dari pantai.

Bagi Anda yang gemar camping, di lokasi ini cukup bagus untuk mendirikan tenda. Pokoknya pantai Teluk Hijau cocok buat sebagai tempat nongkrong atau foto-foto bareng teman-teman.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Teluk Hijau

Untuk dapat mencapai lokasi ke Pantai Teluk Hijau, Anda bisa menggunakan mobil atau menyewa jeep tropper atau sepeda motor trail menuju ke Rajegwesi.

Jika Anda ingin melalui jalur laut, Anda bisa menyewa perahu di Rajegwesi dengan biaya sekitar Rp 30.000,- dengan waktu tempuh selama 15 menit atau apabila ingin melalui jalur darat, Anda bisa melakan perjalanan darat (tracking) berjalan kaki dari titik awal tracking menuju teluk Hijau dengan jarak kurang lebih hampir 1 KM dan memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam perjalanan.

Titik Awal Tracking menuju Pantai Teluk Hijau
Titik Awal Tracking menuju Pantai Teluk Hijau, Foto by laksmiandina.wordpress.com

Adapun rute perjalanan jika start awal dari kota Banyuwangi menuju Pantai teluk Hijau sebagai berikut :

Banyuwangi — Jajag — Pesanggaran — Sarongan — Rajegwesi — Pantai Teluk Hijau

Tips Wisata Pantai Teluk Hijau

  • Siapkan fisik dan dan stamina Anda yang cukup untuk melakukan perjalanan darat (tracking) menuju ke Pantai Teluk Hijau karena kondisi medan yang terjal dan menanjak.
  • Gunakan Kendaraan motor trail atau mobil jeep double gardan untuk menuju ke lokasi, karena kondisi jalan masih berupa batu-bebatuan.
  • Amankan barang bawaan Anda dari monyet-monyet liar di sekitar lokasi, karena mungkin suatu saat barang-barang Anda akan hilang jika Anda lengah sedikit saja.
  • Tidak ada sinyal di sekitar lokasi tempat wisata, untuk itu Anda harus mempersiapkan segala suatunya dengan matang.
  • Demi keamanan, bagi pecinta alam yang ingin camping wajib meminta izin terlebih dahulu ke petugas Taman Nasional Meru Betiri.