Pembukaan Festival jeding rijig dan sedekah oksigen
Sumber : Facebook @Radio Blambangan FM

Festival Sedekah Oksigen dan Festival Jeding Rijig (Toilet Bersih) 2018

Ratusan masyarakat kecamatan Singojuruh dan sekitarnya berkumpul di lapangan Alasmalang untuk menyaksikan pembukaan Banyuwangi festival 2018 dengan agenda pertama yakni Festival Jeding Rijig.

Dibuka langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, M.Si, beliau mengatakan, pihaknya sengaja mengelar Festival Jeding Rijig ini di awal agenda Banyuwangi Festival 2018 karena menurutnya dasar dari pariwisata itu adalah kebersihan dan kesehatan.

Pembukaan Festival jeding rijig dan sedekah oksigen
Sumber : Facebook @Radio Blambangan FM

Bupati Anas juga melanjutkan pada tahun ini pihaknya tidak mengunjungi toilet yang baru dibangun melainkan mengunjungi toilet yg telah lama digunakan dan melihat bagaimana perawatannya yang menjadi pembeda Festival Jeding Rijig tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Sebagai komitmen untuk menjada lingkungan sekitarnya, gelaran Festival Sedekah Oksigen menjadi agenda kedua yang dilaksanakan oleh Pemkab Banyuwangi dalam agenda Festival Banyuwangi 2018 setelah Festival Jeding Rijig.

Gerakan yang telah digagas oleh Bupati Anas sejak tahun 2013 dan masuk dalam agenda Banyuwangi Festival sejak tahun 2014 merupakan gerakan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dengan menanam kembali pohon sebanyak-banyaknya guna mewujudkan destinasi wisata yang nyamana, bersih dan hijau.

Kedua event ini diadakan di Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwani pada tanggal 5 Februari 2018. Dan pembukaan Banyuwangi Festival 2018 sengaja dipilih di Desa Alasmalang karena pertumbuhannya sebagai desa wisata yang berbasis tradisi lokal mulai berkembang.

Video Terkait Festival Jeding Rijig (Toilet Bersih) Banyuwangi 2018

Video Terkait Festival Sedekah Oksigen Banyuwangi 2018

Sumber : facebook.com/blambangan881fm