Hasil dari sebuah perjuangan, IG vinfa77

7 Potret Pesona Wisata Air Terjun Selendang Arum dan Letak Lokasinya

Terletak di lereng Gn Raung pada aliran sungai Badeng atau lebih tepatnya di Dusun Sumberasih Desa Sumberarum Kec.Songgon Kab.Banyuwangi, air terjun Selendang Arum merupakan wisata air terjun yang ditemukan pada tahun 2013 secara tidak sengaja oleh aparatur daerah setempat saat ekspedisi Air Terjun Delik.

selendang arum waterfall IG egi_rangerhijau

Keistimewaan yang ada pada air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter ini, aliran airnya tidak langsung menuju ke bawah tetapi melewati tebing dinding bebatuan yang miring.

Aliran air dan tebing dinding akan memancarkan kilauan saat disinari matahari yang menembus kawasan tersebut. Seolah-olah mirip layaknya selendang yang dialiri air sehingga menambah kesan dan keunikan tersendiri, itulah mengapa dinamakan air terjun Selendang Arum.

Lagi, masih di Songgon, Banyuwangi. Air terjun Selendang Arum. Jangan dicari selendangnya! IG raandy_

Bagi pengunjung yang suka ngetrip dan menjelajah, wisata air terjun ini cocok buat kalian yang suka tantangan. Karena dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai lokasinya.

Pengunjung harus melewati area persawahan, mendaki perbukitan, dan melewati tebing-tebing curam yang cukup memacu adrenalin bahkan harus menyeberang sungai.

Menuju Air terjun Selendang aum, Bayu Krisnapaty

Sebanding dengan suasana yang akan didapatkan apabila sudah sampai di lokasi. Apalagi bareng teman-teman, tentunya perjalanan akan jauh lebih mengasikkan.

Di samping itu, pengunjung juga dapat mengabadikan momen-momen saat perjalanan. Karena suasananya yang jauh dari keramaian, pemandangan alam yang asri di sela-sela persawahan dan perkebunan dengan udara yang sejuk.

Air terjun selendang arum, Hendra Armawan

Lokasi dan Cara Menuju Air Terjun Selendang Arum

Untuk dapat mencapai lokasi, pengunjung perlu melakukan perjalanan menggunakan roda dua atau roda empat dari arah Banyuwangi menuju Rogojampi, jika patokan start awalnya dari taman Blambangan. Dari Rogojampi ambil arah ke jalan Songgon kemudian masuk ke Desa Sragi, lanjutkan perjalanan hingga sampai ke Desa Sumberarum.

Kondisi jalan yang bagus hanya sebatas di Desa Sragi. Sedangkan jalan Desa Sumberarum masih harus lebih berhati-hati hingga saat ini. Terlebih lagi kendaraan roda dua harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan di desa tersebut.

Parkir kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan kemudian lakukan perjalanan berupa jalan kaki menuju lokasi dan ikuti arah penunjuk  lokasi air terjun. Jika kebingungan silahkan bertanya ke warga / petani yang kebetulan ditemui saat hiking karena pengunjung akan melewati area persawahan dan perkebunan warga sekitar.

Penunjuk Arah menuju ke Air terjun Selendang arum, IG antonpelor

Fasilitas, harga tiket masuk dan jam operasional

Hingga saat ini, untuk masuk ke air terjun Selendang Arum tidak dikenakan biaya. Biaya yang dikeluarkan hanya biaya parkir motor sebesar Rp 5000.

Dapat dikunjungi setiap hari mulai pagi hingga petang. Apabila ingin menginap seperti mendirikan tenda di sekitar lokasi disarankan untuk meminta ijin terlebih dahulu ke aparatur daerah setempat.

Fasilitas yang ada juga masih seadanya, hanya berupa akses jalan setapak yang dibuka oleh swadaya masyarakat sekitar. Kita berharap kedepannya pemerintah daerah dapat menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan pengunjung agar memudahkan pengunjung menuju ke sana. Terutama akses jalan yang lebih baik dan fasilitas-fasilitas wisata pendukung lainnya.

When i am loosing you… i am loosing my self! Wherever you are i wish you are ok!! IG yunitaaugustine

Tips berlibur ke Air Terjun Selendang Arum

  • Mengingat akses ke air terjun ini sedikit sulit, direkomendasikan pengunjung untuk membawa perlengkapan yang tepat seperti sepatu outdoor / sepatu anti air / sandal gunung, air minum dan makanan serta kelengkapan pendukung lainnya. Sebab jalan kaki menuju kesana rutenya cukup jauh dan harus melewati jalan yang sempit, mendaki, becek dan berair. Jangan lupa untuk mempersiapkan stamina yang cukup sebelum menempuh perjalanan.
  • Disarankan jangan datang pada saat hujan, karena debit air tidak menentu di lokasi air terjun dan jalan setapak menuju kesana akan sangat licin. Jadi, perlu kehati-hatian jika sudah berada disana saat hujan.
  • Bawa pulang sampah bekas makanan / minuman (jangan ditinggal) agar tidak mengganggu dan merusak keaslian ekosistem alam.

Video terkait Air terjun Selendang Arum


Video by Backpacker Banyuwangi